CONSUMABLE

Tips Menyimpan Print head DTG Awet Jangka Panjang

Tips Menyimpan Print head DTG Awet Jangka Panjang

Berbicara tentang print head DTG memang sering mengalami masalah jika perawatan dan cara menyimpannya kurang benar. Beberapa kali orang menanyakan “ Kenapa print head sudah di flushing, disimpan sebentar besok mau digunakan kok malah mental dan masih saja buntu ya ?“. Nah, jika print head sampai mental dan buntu otomatis print head anda sudah rusak dan tidak bisa digunakan lagi, alhasil anda harus mengganti print head yang baru.

Lalu, “ Bagaimana merawat dan tips menyimpan print head jika tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama tetap awet ?“ . Menanggapi hal demikian, kami selaku produsen printer DTG akan sharing dan membagikan tips menyimpan print head DTG awet dalam jangka panjang, berikut ulasannya:

Kenali Kesalahan / Penyabab Print head DTG Cepat Rusak

  1. Pemilihan cairan Head Cleaner yang salah / pengguna menggunakan cairan Head Cleaner murah yang mengandung alkohol tinggi sehingga menyebabkan Head DTG mudah rusak.
  2. Setelah melakukan flushing, pengguna meletakkan print head begitu saja / meletakkannya langsung pada printer DTG tanpa ada cartridge.

Alat Dan Bahan

  • Print head
  • Cleaner Premium
  • Cleaner Ultra
  • Suntikan 1 cc
  • Tissue + Wadah plastik

Langkah Yang Dilakukan

  • Tuangkan cleaner premium di wadah plastik
  • Lalu, ambil cairan cleaner premium yang sudah dituang di wadah plastik, dengan cara menarik cairan tersebut menggunakan suntikan 1cc.
  • Setelah itu, masukkan pada lubang print head yang hendak di flushing
  • Tarik perlahan untuk mengambil sisa-sisa kotoran dan buang. ( Lakukan 2x untuk hasil yang optimal pada print head)

  • Kemudian, letakkan print head di wadah plastik yang sudah terisi cleaner premium ( di rendam )
  • Tunggu beberapa menit ±5menit

  • Angkat dan lap permukaan print head dengan tissue supaya lebih bersih serta tidak ada cairan tinta DTG lagi
  • Flushing angin pada lubang tinta DTG untuk memastikan printhead sudah bersih dari kotoran dan sisa-sisa cairan cleaner premium

NB : Perlu diingat ! setelah langkah flushing selesai dan print head hendak ditinggal dalam jangka panjang jangan ditinggalkan begitu saja head DTG nya. Pastikan anda sudah membuang cairan cleaner sampai bersih pada tiap-tiap lubang tinta DTG yang telah di flushing angin.

  • Lalu, gunakan cairan Cleaner Ultra Bold Clean
  • Sedot cairan Cleaner Ultra Bold Clean sedikit saja. karena 1 lubang tinta hanya membutuhkan 1 ½ cc saja

NB: Pastikan lubang tinta DTG basah setelah anda menyuntikan Cairan Cleaner Ultra ini, setelah terlihat basah, lanjutkan ke lubang tinta DTG sampingnya .



  • Selesai. Anda bisa meletakkan print head didalam kardus dan Print head aman sekalipun ditinggal dalam waktu yang cukup lama.

Deskripsi Produk Yang Digunakan

Cairan Cleaner Premium

Cairan cleaner buatan Germany ini di khususkan untuk printer dye base/ water base. Sehingga cocok sekali untuk flushing printhead dan juga merendam head yang notabennya print head DTG sering mengalami kebuntuan. Adapun beberapa kelebihan menggunakan cairan Cleaner Premium:

  • Cairan pelembab di dalam head jika print head akan disimpan / tidak digunakan dalam jangka panjang
  • Cairan untuk perawatan rutin pada printer DTG
  • Tidak mudah menguap bila terkena angina
  • Tidak mengandung alkohol yang tinggi
  • Tidak cepat kering
  • Bisa digunakan pada printer EPSON, Canon, Brother, HP dll

Cairan Cleaner Ultra

Cairan Cleaner Ultra made in USA adalah cairan cleaner head consentrat dengan kualitas terbaik untuk mengatasi kebuntuhan print head DTG. Menggunakan cairan Cleaner Ultra ini di formulasikan jika pengguna tidak menggunakan print head DTG dalam jangka waktu yang lama dan akan menyimpannya didalam kardus supaya head DTG tetap awet.

Bagaimana, cukup mudah untuk dilakukan bukan tips merawat print head DTG supaya awet jangka panjang ini? Semoga tips dari Bengkel Print bermanfaat bagi pembaca khususnya pemain printer DTG untuk cetak kaos. Anda juga bisa mendapatkan cairan Cleaner Head Premium murah dan cairan Cleaner Ultra berkualitas dengan HUBUNGI BENGKEL PRINT. Terimakasih♥


Tags : tips menyimpan head dtg awet, tips menyimpan print head dtg awet, cara menyimpan head dtg tidak dipakai, cara menyimpan prin head yang tidak dipakai, cara menyimpan head dalam waktu lama, cara menyimpan print head dalam waktu lama, cara merawat print head untuk pemula, cara merawat head dtg supaya awet, cara merawat head dtg untuk pemula, cara menyimpan head dtg, cara menyimpan print head dtg, 2 faktor penyebab head dtg buntu, 2 penyebab print head cepat rusak, 2 pemicu print head dtg rusak, 2 kesalahan head dtg rusak, 2 kesalahan penyabab head dtg rusak, , tips meyimpan print head supaya awet, tips merawat head dtg awet, tips menyimpan head yang tidak dipakai, tips menyimpan print head yang tidak dipakai, trik menyimpan head dtg dalam waktu lama, trik menyimpan print head dalam waktu lama, tips perawatan print head dtg mudah, tips perawatan head dtg supaya awet, tips dan trik head dtg awet, tips dan trik print head awet, langkah menyimpan head dtg awet, tutorial flushing print head dtg, tutorial flushing head dtg mudah, tutorial flushing head dtg praktis, langkah flushing print head dtg, alat dan bahan flushing dtg, panduan flushing print head dtg, panduan lengkap flushing head dtg, panduan menyimpan head dtg awet,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *