PAKET USAHA UMKM

5 Perbedaan Sablon Sublimasi Dan DTF Film

perbedaan sablon sublim dan dtf film

Sebagian dari pemula memang belum mengenal tentang beberapa perbedaan dalam metode sablon digital printing. Seperti fenomena yang sering terjadi banyak dari customer yang menanyakan perilah “ Min, cetak kaos sublimasi dengan sablon tepung DTF berbeda ya  ?” . Jawabannya, iya tentu berbeda . Nah diartikel kali ini Bengkel Print mengulas 5 Perbedaan Sablon Sublimasi Dan DTF Film. Apa saja perbedaan transfer film dtf dan sublimasi ? Inilah selengkapnya berikut ini !

Perbedaan Dari Mesin Printer Yang Digunakan

Untuk kebutuhan sablon tepung DTF, BP Fams perlu menggunakan mesin printer RIECAT ALFA Generasi 1/ Generasi 2 . Bahkan, bagi para pemula yang minim budget bisa memakai printer original EPSON asalakan dalam keadaan telah dimodifikasi. Sedangkan, untuk kebutuhan cetak kaos sublimasi, teman-teman hanya perlu membutuhkan mesin printer original EPSON saja.

cetak kaos sublim VS dtf film
Perbedaan Transfer film dtf dan sublimasi

Perbedaan Dari Jenis Tinta Textile

Selanjutnya, perbeaan transfer film dtf dan sublimasi yaitu terletak pada pemakaian jenis tinta textile . Dimana untuk kebutuhan sablon tepung DTF Film, BP Fams menggunakan jenis tinta vator DTF ataupun vator ink universal CMYKWW. Sedangkan, untuk cetak kaos sublimasi teman-teman menggunakan tinta sublimasi CMYK saja .

jual tinta cetak kaos sublimasi
jual tinta sublimasi dan vator ink

Perbedaan Dari Jenis Kertas Yang Digunakan

Sementara itu, jenis kertas yang digunakan pun berbeda. Jika sablon tepung DTF menggunakan transfer paper PET Film berupa lembaran / roll to roll, sedangkan untuk cetak kaos sublimasi menggunakan kertas sublimasi ukuran A3 / A4 . Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan yha teman-teman !

BACA JUGA : Paket RIECAT ALFA Generasi 2 BONUS OVEN DTF

Perbedaan Dari Teknik Cetak Kaos Custom

Kemudian dari teknik keduanya pun berbeda. Untuk sablon tepung DTF BP Fams perlu mencetak design pada PET Film, lalu di taburi dngan bubuk lem powder secara merata diarea design, kemudian dilanjutkan dengan melumerkannya pada mesin oven / hotgun kemudian di transfer pada media menggunakan heat press. Sedangkan, untuk cetak kaos sublimasi lebih simple, BP Fams hanya perlu mencetak design yang telah di mirror pada mesin printer ESPON lalu di transfer pada media dengan mesin hot press kaos.

review hasil sablon sublime dan dtf film
perbedaan cetak kaos dtf dan sublimasi

Perbedaan Dari Bahan Yang Bisa Di Printing

Berikutnya ialah perbedaan transfer film dtf dan sublimasi terletak pada material yang dapat di cetak. Yag mana, pada sablon tepung DTF BP Fams dapat mencetak berbegai media yang tahan panas mulai dari kaos, buff, totebag , sarung bantal, masker dan lain sebagainya pada seluruh warna baik gelap / terang. Sedangkan untuk cetak kaos sublimasi teman-teman hanya bisa cetak di media berbahan TC/ Polyester berwarna putih

Baik itulah sedikit ulasan tentang perbedaan transfer film DTF dan sublimasi yang perlu BP Fams ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca, Terimakasih 🙂

Related Posts

One thought on “5 Perbedaan Sablon Sublimasi Dan DTF Film

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *