ALAT PERCETAKAN, PRINTER DTG

6 Alat Wajib Punya, Sebelum Buka Usaha Sablon Kaos DTG

6 Alat Wajib Punya, Sebelum Buka Usaha Sablon Kaos DTG

Menjadi peluang usaha yang menjanjikan ketika seseorang memutuskan untuk lebih menekuni usaha dibidang clothing line atau bisa disebut dengan jasa sablon kaos. Karena, sekarang ini permintaan akan sablon kaos semakin membludak saja, tentunya hal ini berdampak pada kecanggihan mesin yang digunakan.

Semakin banyak permintaan akan orderan sablon kaos satuan / sablon kaos lusinan , semakin pengusaha tersebut memutar otak bagaimana orderan cetak kaos bisa selesai tepat waktu dan hasil sablon kaos juga memuaskan dihati konsumen. Tak heran, lagi-lagi mesin printer DTG adalah penolong para pengusaha sablon kaos. Untuk itu, penting bagi anda yang ingin membuka usaha sablon kaos DTG, wajib memiliki alat yang dibawah ini :

Macam – Macam Alat Pendukung Sablon Kaos DTG

  1. Mesin printer DTG

Adalah mesin sablon kaos made in Indonesia. Mesin ini dirancang dan di modifikasi seakurat dan secanggih mungkin untuk membantu percetakan kaos yang masih menggunakan teknologi manual. Selain itu dengan menggunakan printer DTG dalam cetak kaos lebih menguntungkan karena lebih hemat, praktis, tidak ada batasan warna dalam cetak kaos, lebih efektif dan efisien.

  1. Hotgun RIEGUN



Adalah sebuah alat yang mirip dengan hairdyer, memiliki kegunaan untuk membantu pengeringan hasil print pada kaos agar tidak blobor pada bagian sisi lainnya, dan tidak mengurangi penurunan hasil warna pada sablon kaos DTG. Hotgun RIEGUN digunakan ketika kaos masih berada pada tatakan / tray kaos lalu dianginkan mengunakan alat tersebut sebelum nantinya akan dipress menggunakan mesin press kaos.

  1. Mesin Press Kaos

Adalah alat yang digunakan untuk mengeringkan cairan pre-trearmen sebelum kaos diletakan pada tatakan/ tray kaos printer DTG. Mesin press kaos juga memiliki fungsi untuk finishing pada sablon kaos, ketika kaos selesai di cetak dan di angina-anginkan dengan hotgun, barulah kaos diangkat dan di press agar tinta textile dapat menyatu pada kaos dengan akurat dan warna tinta juga kering.

  1. Kompresor

Adalah alat yang digunakan untuk menyemprotkan pre-treatment pada kaos, khususnya pada bulu-bulu kaos sehingga pori-pori kaos dapat tertutup rata. Selain itu Kompresor ini juga berfungsi untuk finishing sablon kaos, dimana ketika kaos setelah di cetak dan sebelum di press menggunkan mesin press kaos, kompresor ini di beri epoxy agar dapat melapisi tinta textile kaos lebih awet.

  1. Seperangkat catridge dan Cairan head cleaner

  • Catridge Tempat tinta yang tersambung dengan printhead. Kegunaannya adalah memberikan warna pada kaos sesuai pola file dan warna desain.
  • Cairan head cleaner perlu dimiliki, karena kegunaan cairan head cleaner adalah untuk mengatasi ketika print head buntu. Dan apabila printer DTG akan tidak digunakan dalam beberapa waktu yang lama, anda bisa menggunakan cairan head cleaner untuk membersihkan print head dari sisa-sisa tinta textile printer DTG.

6. Kertas Teflon

Alat terkahir yang wajib anda milki, yakni kertas Teflon. Dimana kertas Teflon memiliki fungsi untuk melapisi elemen mesin press kaos, supaya ketika sablon kaos setelah dicetak dan di press, tinta textile tidak lengket pada elemen press kaosnya.

Itulah alat wajib punya, sebelum buka usaha sablon kaos DTG. Persiapkan semuanya dari sekarang dengan matang, agar tidak mengalami hambatan saat melakukan proses sablon kaos DTG. Semoga bermanfaat….

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *