ALAT PERCETAKAN

Cara Mengatasi Masalah Pada Mesin LAMINASI

Cara Mengatasi Masalah Pada Mesin LAMINASI

Trouble Mesin Laminating Panas dan Dingin | Tips Supaya Hasil Laminasi Tidak Kusut

cara-mengatasi-masalah-pada-mesin-laminasi

Mesin laminating dapat melindungi media yang telah di laminasi dari kerusakan dan debu, hal ini akan mengundang sejuta umat manusia untuk melindungi file kesayangannya dan juga melaminasi dokumentasi miliknya agar dapat mempercantik media, seperti photo, cover dll. Namun, perlu diketahui dengan tujuan seperti ini tentunya pelanggan ingin mendapat kan hasil laminasi yang baik, rapih, dan tentunya tidak merusak dokumen atau file kesayangannya. Namun, bagaimana apabila terjadi kerusakan pada media yang ingin dilindungi?

Mesin laminasi bukan mesin yang sempurna. Mesin laminasi akan menjadi sempurna apabila di bantu dengan operator yang profesional dalam mengerjakan laminasi agar mendapatkan hasil laminasi yang rapi dan tidak rusak.

Mesin laminating memiliki beberapa masalah yang pernah atau sering muncul. Hal ini dapat mengganggu kinerja jasa percetakan akibat kesalahan pada mesin laminating. Apa sajakah masalah tersebut, dan bagaimana cara mengatasi masalah pada mesin laminasi…??

1.Hasil dari mesin laminasi melengkung

Apabila kurang berhati hati atau kurang profesional dalam melaminasi, maka tidak jarang akan terjadi masalah laminasi yang melengkung dan bergelembung. Penyebab utamanya adalah :

  • Temperature panas terlalu tinggi
  • Media kertas terlalu tipis
  • Media kertas terlalu lunak
  • Cara memasukkan media kertas dan bahan laminasi yang kurang tepat

Namun hal ini bisa di hindari. Sebelum melakukan laminasi, lebih baik dilakukan uji coba terlebih dahulu dengan bahan lain yang serupa. Dan sebelum menggunakan atau melakukan uji coba, atur temperatur panas dengan benar. Jangan sampai terlalu panas, karena dapat menyebabkan media kertas dan bahan laminasi melengkung yang di sebabkan oleh suhu panas.



2.Hasil dari mesin laminasi kusut

Selain berdampak hasil yang melengkung, mesin laminasi juga memiliki masalah dengan hasil yang kusut pada media kertas dan bahan laminasi. Hal ini terjadi disebabkan karena

  • Kadar air yang berlebihan
  • Terburu buru mendorong material terlalu masuk ke dalam mesin laminator
  • Menahan media kertas dan bahan laminasi terlalu lama padahal ujung material sudah dekat heater
  • Saat memasukkan media kertas dan bahan laminasi tidak flat.

Masalah pada mesin laminasi memang terlihat begitu sepele, namun hal ini bisa berdampak pada media yang akan di laminasi. Karena setelah di laminasi, media tidak dapat lagi di perbaiki kecuali melepas hasil laminasi, namun sangat extreem karena dapat merusak media kertas atau file penting yang di laminasi. Solusi untuk masalah ini ialah dengan mengurangi suhu heater laminating atau dengan mengeringkan kertas.

Dari ke dua kategori diatas adalah masalah yang biasa di temui oleh petugas jasa percetakan yang mungkin kurang teliti atau mendapatkan kesalahan kecil. Namun semua masalah bisa teratasi atau diantisipasi dengan solusi diatas. Pergunakan mesin laminating dengan baik dan benar, hindari roll mesin laminating dari debu dan check kembali kabel sambungan mesin laminating agar mesin laminasi dapat dijalankan dengan baik. Semoga Bermanfaat ☺ ☺ ☺

Save

Save

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *