CONSUMABLE

Cara Mengatasi Over Powder Pada Sablon DTF

akibat over powder sablon DTF

Proses sablon transfer film DTF | Sablon Kaos Tepung DTF |Cetak kaos Tepung | Mengatasi Over Powder Sablon DTF

Proses sablon transfer film DTF memang sangatlah mudah. Tetapi dibalik kemudahan cetak kaos tepung ada hal yang perlu teman-teman ketahui salah satunya “ OVER POWDER “ . Over powder pada sablon kaos tepung DTF adalah proses penaburan bubuk lem secara berlebihan pada transfer film PET yang baru saja selesai di print/ cetak. Nah, pada kesempatan kali ini kami share Cara Mengatasi  Over Powder Pada Sablon DTF, Berikut ini !

Apa Efek Jika Over Powder Pada Hasil Sablon DTF ?

Efeknya adalah kegagalam dalam proses sablon transfer film DTF ( hasil tidak maksimal ). Nah, kendala seperti ini terjadi saat kalian menaburkan lem powder pada area yang telah di print menggunakan mesin riecat alfa, dan masih dalam keadaan basah. Maka bisa membuat over powder serta menghasilkan kualitas sablon kaos tepung DTF memiliki texture yang tebal / kaku saat diraba. Hal ini tentu bukan yang diinginkan, pasalnya hasil cetak kaos tepung dikatakan maksimal jika memiliki texture yang halus saat diraba, elastis, dan lembut.

BACA JUGA : Cara Powder Lem Sablon DTF Leleh Dalam 1 Menit

Solusi Mengatasi Over Powder Pada Cetak Kaos Tepung ?

Untuk mengatasi over powder sablon DTF, bengkel print memberikan saran kepada teman-teman pada saat proses sablon transfer film DTF selesai, usahakan tidak menaburkan bubuk powder lem langsung pada transfer film PET yang masih basah. angkat dan diamkan terlebih dahulu hasil cetak kaos tepung selama ±15menit.

Sembari menunggu hasil print PET transfer film kering, teman-teman bisa melanjutkaan proses print DTF dengan desian lainnya. Hal ini dilakukan agar tinta vator CMYKW nya benar-benar kering. Setelah sablon kaos tepung DTF sudah kering, kalian bisa menaburkan lem powder secara merata dan gambar di kibaskan juga disentil merata ( diarea gambar) supaya tidak terlalu nge-blok di area gambar bubuk powder nya.

Mengatasi Over Powder Sablon DTF
Mengatasi Over Powder Sablon tepung DTF

Kemudian, setelah sablon kaos DTF di taburi powder, lakukan pelumeran bubuk lem menggunakan mesin oven disuhu 115-130ºC selama 2-5menit. Press transfer film ke kaos kaos dengan suhu 160-165 ºC selama 10-20detik (pertama) dan press kedual kali dengan waktu 5-10detik ( setelah pet film dilepas) . Terakhir, kibaskan kaos setelah proses selesai (*pastikan kondisi panas)

Nah, itulah cara mengatasi over powder sablon DTF. Jika teman-teman tidak ingin hasil cetak kaos tepungnya punya texture yang kaku usahakan ikuti tips sablon kaos tepung DTF sesuai prosedur bengkel print . Semoga infromasi ini bermanfaat dan Selamat mencoba, Terimakasih 🙂

Related Posts

2 thoughts on “Cara Mengatasi Over Powder Pada Sablon DTF

  1. Syahrul says:

    Kalau kertas pet film nya melengkung/cembung cara mengatasi agar bisa rata gimana gan?? Udah dcoba gulung kearah lain, tetep aja melengkung ke arah yg sama.. Hasil nya jd rusak lg..

    1. selamat siang pak syahrul, untuk pet film yang melengkung coba dibantu jemur dulu biar lebih lemas, kemudian digulung ke arah sebaliknya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *