Uncategorized

Cara Mengoperasikan Mesin Cutting Sticker Dengan Baik dan Benar

Cara Mengoperasikan Mesin Cutting Sticker Dengan Baik dan Benar

jual mesin cutting sticker murah | harga mesin cutting sticker murah | cutting sticker murah Jakarta

Bengkel print, jual mesin cutting sticker murah 087851691057 | 081335093314

Bagi seorang pemula pemakai mensin cutting sticker mungkin bingung untuk mengoperasikan mesin cutting tdengan baik dan benar. Sangat diperlukan pemahaman dalam mengoperasikan mesin cutting sticker secara baik dan benar sebelum anda memutuskan untuk membelinya. Penggunaan yang tidak tepat pada mesin cutting sticker akan mengakibatkan kesalahan fatal yang akhirnya dapat merusak mesin cutting itu sendiri. Pada akhirnya anda yang akan rugi sendiri nantinya.

Oleh karena itu, penting bagi Anda mengetahui bagaimana cara menggunakan mesin cutting sticker dengan baik dan benar. Berikut ini merupakan cara pengoperasian mesin cutting sticker dengan baik dan benar. Ada beberapa tahap yang harus di lewati.

 

Persiapan

  • Pertama-tama, persiapkan peralatan dan bahan-bahan dalam pembuatan sticker.
  • Peralatan yang harus dipersiapkan antara lain mesin cutting sticker, komputer yang telah terinstall program desain, gunting, pisau cutter, dan penggaris.
  • Sementara bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain bahan sticker untuk dipotong dan maskin (sejenis lakban plastik yang bening dan tidak terlalu lengket). Fungsi maskin adalah sebagai penutup bagian atas sticker dan sebagai media transfer sticker untuk ditempelkan di tempat yang ditentukan.

Pasang mesin cutting sticker pada komputer

Setelah semua alat dan bahan tersedia, saatnya Anda menghubungkan atau memasang mesin cutting sticker pada komputer. Masukkan software mesin dan install software tersebut pada komputer agar mesin dan komputer dapat terhubung. Setting secara benar supaya pengoperasionalan mesin berjalan lancar.

Membuat gambar desain

Buatlah desain berupa gambar atau tulisan untuk model sticker. Anda bisa membuat desain menggunakan program desain yang mudah dalam proses pengeditannya. Sebaiknya Anda menggunakan program Corel Draw yang secara umum dikenal mudah, bahkan untuk pemula sekalipun. Setelah selesai, ekspor gambar tersebut ke dalam software ArtCut yang merupakan software bawaan mesin cutting sticker.

Pemasangan sticker ke mesin cutting

cutting-sticker-jinka-pro

Sama seperti printer, sebelum mencetak Anda harus memasang kertasnya. Sebelum mencetak, pasanglah stickernya terlebih dahulu dengan warna yang Anda inginkan. Misalnya untuk sticker dengan satu warna, maka Anda cukup memotong sticker satu kali, begitu juga dengan sticker dua warna, maka Anda harus memotong sticker sebanyak dua kali dengan warna sticker yang berbeda. Pasanglah bahan sticker pada rol atau roda penjepit mesin. Umumnya terdapat 3 penjepit pada mesin cutting sticker.



Persiapkan mesin cutting sticker

  • Tekan tombol online pada mesin cutting sticker
  • Setel bahan sticker yang sudah dijepit dengan roda tadi, coba jalankan maju mundur untuk memastikannya lurus (tombol S+ dan S-). Perhatikan baik-baik pemasangan ini, karena sticker yang tidak lurus dapat mengakibatkan hasil cetakan miring sehingga bahan pun tidak terpakai lagi.
  • Setel jarum atau pisau pada mesin pastikan akan bergeser ke kiri dan ke kanan dengan sempurna.
  • Setel kecepatan dan tekanan jarum atau pisau. Biasanya telah disediakan petunjuknya pada mesin tersebut.
  • Mesin cutting sticker siap digunakan

Memotong Gambar/ garis line

Buka program ArtCut yang telah anda install sebelumnya, tentukan lebar dan panjangnya sesuai kebutuhan. Kemudian klik create, import gambar yang telah Anda desain. Kecilkan tampilan agar tampak keseluruhan. Lalu klik cut/plot atau bisa menggunakan tombol Ctrl+k. Kemudian klik Start. Proses pencetakan gambar sudah berjalan.

Finishing

Setelah cutting line tercetak pada sticker, selanjutnya lakukan pengelupasan atau buanglah bagian-bagian yang tidak tercetak. Lakukan hal ini dengan sangat hati-hati agar tidak merusak sticker tersebut. Setelah proses pengelupasan selesai, tutup bagian atas sticker atau lapisi dengan maskin.

Dari yang saya jelaskan secara garis besar di atas, adalah setiing dari mesin cutting sticker Jinka, bisa terjadi perbedaan sedikit bila dilakukan menggunakan mesin cutting sticker jenis lain.

 

Demikian cara mengoperasikan mesin cutting sticker dengan baik dan benar.good luck

Harga-Mesin-Cutting-Sticker

3 thoughts on “Cara Mengoperasikan Mesin Cutting Sticker Dengan Baik dan Benar

  1. dxxxx says:

    kak, saya mau tanya. kalau mengoperasikan 2 mesin jinka dalam 1 komputer bisa gak ya?
    apakah aplikasi yang digunakan harus berbeda?

    1. Andrepriliswan says:

      Kk saya Punyahh cuting stiker mana Tpi tidakk ber operasi
      Mana tau ada ybg bisa Menoprasikaan masri kita buka .lok medann mohon Bantua nya No wa : ‪+62 812‑1661‑3480‬

      1. adminbp says:

        Bisa Langsung Hubungi Kami via WhatsApp Kak 😊, di +62 813-5980-9494 🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *