ALAT PERCETAKAN

MENGENAL KERUSAKAN PADA MESIN LAMINATING

MENGENAL KERUSAKAN PADA MESIN LAMINATING

Membeli barang baru untuk sebuah bisnis usaha yang di jalani, perlu adanya untuk menjaga perlengkapan aset usahanya.Tentu tidak di inginkan apabila barang yang telah di beli dengan jarak beberapa hari terjadi kerusakan. Mengingat hal tersebut maka perlu adanyanya untuk merawat dan melindungi mesin seperti contoh Mesin Laminating. Mesin Laminating merupakan mesin yang pernah di dapati terjadinya kerusakan atau kurang baik dalam proses pengerjaannya misalnya kerusakan yaitu lengket, macet atau bahkan kepanasan. Apabila belum mahir dalam menggunakan dan mengenal mesin laminating maka akan menimbulkan masalah seperti hal tersebut.

Apabila sudah terjadi kerusakan seperti halnya diatas, maka apa yang harus dilakukan? Beli lagi. Itu solusi namun perlu dipertimbangkan lagi ya :D. Jangan malas malas untuk merawat mesin laminating dan benda-benda lainya. Rajin rajinlah untuk merawatnya. Berikut akan kami jelaskan sedikit mengenai kerusakan dan perawatan mesin laminating.

Kerusakan Pertama, adalah Roller berputar tetapi tidak bisa press (elemen pemanas tidak berfungsi) kerusakan ini bisa terjadi karena Kerusakan pada relay, potentiometer pengatur temperature dan Kerusakan elemen pemanas. Karena elemen pemanas mendapatkan suplai tegangan AC oleh penyambungan kontak relay, maka ketika relay bermasalah elemen pemanas pun tidak akan mendapatkan suplai tegangan sehingga ia menjadi tidak berfungsi (tidak panas). Hal ini ditandai dengan jarum penunjuk pada temperature-meter tidak bergerak. Untuk dapat mengetahui bahwa relay memang rusak, perlu dilakukan pengecheck an pada mesin laminating.

Apabila kerusakan tidak pada ralay, bisa jadi kerusakan terdapat pada potentiometer pengatur temperature pengatur suhu panas. Potentiometer yang rusak akan menyebabkan rangkaian thermostat tidak mau bekerja untuk mengemudikan relay. Karena itu potentiometer perlu diperiksa apakah masih baik ataukah sudah rusak.

Apabila relay tidak rusak dan potentiometer pun demikian pula tetapi elemen pemanas tetap tidak berfungsi, maka kemungkinan besar kerusakan terjadi pada elemen pemanas itu sendiri. Kerusakan pada elemen panas ini sudah umum terjadi. Kerusakannya karena salah satu atau kedua elemen pemanas tidak panas sedangkan jarum penunjuk temperature-meter bergerak menunjukkan range suhu tertentu dan penunjukkan dapat berubah-ubah ketika setelan potentiometer diubah-ubah. Elemen pemanas yang sudah rusak harus diganti dengan tipe atau model yang sama



Kerusakan kedua, biasanya disebabkan oleh switch “forward-reverse” sudah rusak. Switch untuk fungsi ini mempunyai dua posisi kontak, jika yang terjadi seperti itu maka kontak pada kedua posisinya sudah rusak. Untuk memastikannya switch perlu ditest. Namun, jika switch tidak mengalami kerusakan maka kemungkinan terjadi kemacetan mesin pada bagian mekanik atau pada bagian motor yang sudah rusak.
Kasus kerusakan motor memiliki kronologi yang sama dengan kasus kerusakan elemen pemanas.

Kerusakan Ketiga, kerusakan ketiga ini bisa jadi karena disebabkan oleh switch “forward-reverse” yang sudah bermasalah, yaitu salah satu posisi kontak sudah tidak berfungsi lagi. Dan solusinya, Switch perlu diganti dengan yang baru.

Kerusakan Keempat, kerusakan ini memiliki berbagai kerusakan yang bermacam macam. Bisa jadi karena fuse, kabel AC, atau switch on / Start. Semua perlu di check satu per satu agar dapat diketahui kerusakan yang ada pada mesin laminating.

Untuk mengantisipasi mesin laminating dari kerusakan. Silahkan periksa bagian pemasangan baut dan kencangkan baut yang buat setelan silinder pemanasnya baik yang di sebelah kanan maupun yang di sebelah kiri, setel baut sampai hasil yang di ingin kan tercapai,tapi jangan terlalu kencang juga karena bisa menyebabkan silinder pemanas sulit/tidak bisa berputar.cobalah kembali untuk melaminasi / percobaan saja.

tag:jual mesin laminasi murah, mesin laminating murah, jual mesin laminating murah surabaya, jual mesin laminating murah jakarta, harga mesin laminating rol, mesin laminating rol murah.

harga mesin laminasi rol ada disini

 

2 thoughts on “MENGENAL KERUSAKAN PADA MESIN LAMINATING

  1. Yasbudaya says:

    Bagaimana mesin pres hannya bisa 4 kali pres setelah itu tidak panas dan hasil pres tidak mateng mhn solusinya gan

    1. Untuk mesin laminating memang ada beberapa type yang tidak bisa jalan terus menerus pak.
      jadi harus ada space waktu untuk menunggu agar panas dari mesin tetap di suhu yang di inginkan.
      Karena setiap mesin lamiting berjalan terus , suhu dari mesin akan menurun.
      biasanya termostat sudah menua/aus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *