ALAT PERCETAKAN

Perbedaan Fitur Printer DTF GEN 1 GEN 2 Dan EPSON L1800

mengenal Perbedaan Fitur Printer DTF GEN 1 GEN 2 Dan EPSON L1800

Alat Sablon Tepung DTF | Printer Riecat Alfa Gen 1 | Mesin Printer DTF Gen 2 Terbaru | Printer Cetak DTF Low Budget

Tidak bisa dipungkiri metode sablon transfer film DTF semakin hari semakin naik daun dan banyak peminatnya. Alat sablon tepung DTF memang banyak sekali dijual dipasaran dengan berbagai kualifikasi, yang mana membuat sebagian orang bertanya-tanya manakah yang rekomended dan cocok digunakan para pemula.

Diartikel kali ini Bengkel Print Indonesia membagikan Perbedaan Fitur Printer DTF GEN 1 GEN 2 Dan EPSON L1800. Dengan adanya ulasan terperinci ini, diharapkan teman-teman mengetahui kelebihan yang membedakan antara printer cetak DTF low budget dengan printer riecat alfa gen 1 ataupun mesin printer dtf gen 2 terbaru. Lets Find Out !

Fitur Handle Pinch Roll

Yang berfungsi sebagai ( penjepit kertas ) dan bisa membantu menahan kertas film dari mesin printing sehingga bahan PET film lebih mudah masuk kearea print tanpa nge-loss, baik menggunakan bahan film lembaran ataupun gulungan. Pada fitur handel pinch roll printer riecat alfa gen 1 dan mesin printer dtf gen 2 terbaru telah dibekali handle pinch roll otomatis di belakang mesin. Sedangkan, Untuk printer cetak DTF low budget belum dibekali dengan fitur tersebut,sehingga pengguna diwajibkan untuk memiliki handle pinch roll agar mesin printer DTF epson L1800 standart dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

Fitur Vacum Portable Plug and Play

Yang berfungsi untuk mempermudah maintenance pada print head. Dimana, media ( bahan PET film) tidak akan menyentuh print head saat proses print berlangsung. Sehingga dipastikan dengan mengunakan vacum plug and play, bahan transfer film tidak akan melengkung kebawah yang berakibat dapat merusak hasil print.

Mesin printer DTF gen 2 terbaru dan printer riecat alfa gen 1 sudah dilengkapi fitur vacum portable plug and play, Sedangkan jika pengguna menggunakan printer EPSON L1800 standart belum dilengkapi dengan fitur tersbeut, sehingga pengguna perlu merakit secara manual pada printer EPSON l1800.

Fitur Potensio

Yang berfungsi sebagai alat bantu sedot pada vacum plug and play yang bisa diatur secara manual dengan cara di putar dan disesuaikan. Fitur ini hanya tersedia di printer sablon tepung DTF gen 2 dan gen 1 . Sedangkan printer cetak DTF low budget tidak dilengkapi.

BACA JUGA : Jual Mesin Printer Kain Transfer Film DTF Gen 2 Jakarta
 perbedaan Printer DTF GEN 1 GEN 2 Dan EPSON L1800
perbedaan Printer DTF GEN 1 GEN 2 Dan EPSON L1800

Fitur Sistem WIMS

Yang berfungsi sebagai sistem pengocokan tinta putih sehingga user tidak perlu lagi meng-kocok botol dan dumper secara manual , dengan adanya sitem wims ini dapat meminimalisir pengendapan tinta putih. Tentunya dengan pengaturan rotation dan timing yang flexible. Settingan yang disarankan rotation 20 detik dan delay 30 menit. Terdapat fitur ” PUMP ” apabila ingin melakukan pengkocokan secara manual.

Keuntungan nya, printer riecat alfa gen 2 sudah dilengkapi dengan fitur sistem wims ini, sedangkan untuk printer riecat alfa gen 1 dan Printer EPSON L1800 standart belum dilengapi fitur pengocokan tinta putih ini.

Fitur Tombol Origin

Yang berfungsi sebagai tombol untuk memulai dan meng-akhiri proses print. Tidak hanya itu fungsi dari tombol origin adalah untuk menahan bahan agar tidak mengulur / ( ngelos ) yang notabennya akan memakan waktu, sehingga pengguna dapat menekan tombol origin ( sebagai tanda berhenti ) jika proses print design selesai.  Fitur tombol origin hanya dilengkapi pada mesin printer riecat alfa generasi 1, sedangkan untuk mesin printer riecat alfa generasi 2 dan EPSON L1800 standart belum dilengkapi fitur tersebut.

Fitur Tombol  Reset

Yang berfungsi untuk mengulang kembali suatu proses / settingan pada mesin sablon transfer saat mengalami suatu kendala ( error) pada mesin printer riecat alfa generasi 2 . Sedangkan pada mesin printer DTF gen 1 dan epson l1800 belum dibekali tombol reset khusus tersebut.

Fitur Print Roll Pada Mesin DTF

Mampu memotong bahan transfer film roll to roll ( gulungan ) hingga lebih dari 20 meter. Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa leluasa untuk mencetak design yang panjang. Fitur print roll ini hanya dibekali pada printer riecat alfa gen 1 dan mesin printer DTF gen 2 terbaru, sedangkan untuk printer ESPON L1800 standart / printer cetak dtf low budget belum dibekali fitur print roll tersebut.

Fitur Auto Pause Print / Auto Origin

Memiliki menu “ SWITCH MODE “ , dimana pengguna bisa memilih sesuai kebutuhan akan cetak design menggunakan bahan roll to roll atau sheet ( lembaran ) , yang nantinya setelah proses print selesai, dan media akan mengalami “ SPACE PRINT “ ±3-4 cm pada hasil cetak design menggunakan kertas film ukuran A3.

Dan jika penguna cetak design menggunakan bahan roll to roll akan terjadi space print ±2cm antara design yang sudah dicetak dengan design yang akan dicetak nantinya ( lanjutan print  design tanpa potong bahan ) . Fitur auto pause print ini hanya dimiliki mesin printer DTF gen 2 terbaru. Sedangkan untuk printer riecat alfa gen 1 dan epson l1800 belum dilengkapi kemampuan auto origin.

Fitur Temperature

Yang berfungsi sebagai monitoring temperature suhu dan kelembapan dalam printhead pada printer riecat alfa generasi 2 terbaru, sedangkan untuk mesin printer dtf gen 1 dan printer EPSON L1800 belum dibekali dengan fitur temperature / humidity tersebut.

Fitur Motor PF ( DC motor VS Stepper Motor )

Printer riecat alfa gen 2 terbaru dilengkapi sensor automatic / stepper motor . Dimana fitur tersebut meliputi sensor depan untuk berhenti, dan sensor belakang untuk menarik print ( 2 phase ) . Sehingga lebih smooth dan tidak banyak buang bahan saat proses print. Dan menariknya dapat dipastikan anti lost dan paper jam . Sedangkan mesin printer riecat alfa gen 1 dan EPSON L1800 masih menggunakan Dc motor .

Fitur LCD Control

Fitur ini hanya ada pada alat sablon tepung DTF gen 2, sedangkan untuk printer EPSON L1800 dan riecat alfa gen 1 belum dilengkapi lcd control.             Adapun opsi yang dibekali pada fitur LCD control antara lain ialah :  

  • Wims→ Yang berfungsi sebagai sistem pengocokan tinta putih sehingga user tidak perlu lagi meng-kocok botol dan dumper secara manual , dengan adanya sitem wims ini dapat meminimalisir pengendapan tinta putih. Tentunya dengan pengaturan rotation dan timing yang flexible. Settingan yang disarankan rotation 20 detik dan delay 30 menit. Terdapat fitur ” PUMP ” apabila ingin melakukan pengkocokan secara manual
  • Up and Down → Yang berfungsi sebagai tombol panah yang digunakan untuk mengatur kecepatan maju mundur bahan transfer film sesuai keinginan, dengan cara tekan dan tahan.Switch Mode → Yang berfungsi untuk memilih bahan transfer film manakah yang sesuai kebutuhan baik bahan bahan roll to roll atau sheet ( lembaran )
  • Level Speed → Yang berfungsi mengatur tingkatan kecepatan maju mundur pada bahan transfer film roll to roll. Settingan yang disarankan, pada awal mengatur bahan gunakan kecepatan 1-2 , apabila bahan sudah dipastikan tepat user bisa menaikkan kecepatan tinggi 5.
  • Roll Function → Yang berfungsi untuk menyelesaikan pengeringan bubuk lem powder dengan melewati mesin dryer / mesin pengering anti potong bahan PET film. Dengan menggunakan tombol roll function user dapat melakukan pengeringan bahan yang sudah di print, sekalipun alat cetak kaos DTF sudah tidak digunakan untuk print gambar lagi. (* jika ingin menggunakan fitur roll function user harus memiliki mesin tambahan yaitu mesin dryer )
  • Humidity →Yang berfungsi sebagai monitoring temperature suhu dan kelembapan dalam printhead printer riecat alfa generasi 2 .

Nah itulah perbedaan fitur printer DTF gen 2, mesin printer riecat alfa gen 1 dan EPSON L1800 standart. Sehingga dapat disimpulkan jika mesin printer DTF gen 2 terbaru lebih  canggih diantara alat sablon tepung DTF lainnya. Meskipun demikian, teman-teman juga bisa memilih mesin cetak DTF sesuai budget , fitur sesuai kebutuhan dengan segala pertimbangan yang ada. Semoga informasi ini bermanfaat, terimakasih 🙂

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *