PRINTER DTF, PRINTER DTG

Terbongkar! 5 Rahasia Perbedaan DTG vs DTF Sablon Kaos

Sablon Kaos Transfer Film DTF

Di era digital ini, sablon kaos bukan lagi hanya tentang pola dan warna. Kini, berbagai teknik sablon digital printing hadir untuk menghasilkan desain yang lebih kreatif dan presisi. Dua metode yang paling populer saat ini adalah Cetak kaos DTG (Direct-to-Garment) dan DTF (Direct Transfer Film). Bagi para pebisnis clothing, mengetahui perbedaan antara sablon kaos DTG dan DTF sangatlah penting. Artikel ini akan mengupas tuntas perbedaan kedua metode tersebut, mulai dari mesin yang digunakan, ukuran bahan, hingga kualitas hasil sablon.

Perbedaan Mesin Digital & Ukuran Bahan yang Digunakan

Untuk kebutuhan sablon kaos transfer film DTF, pengguna perlu menggunakan mesin printer riecat alfa basic EPSON L1800. Dengan cetak kaos pakai riecat alfa, pengguna bisa mencetak desain berupa lembaran (sheet) A3 atau roll to roll sehingga lebih hemat bahan.

Sedangkan, untuk print kaos DTG satuan, pengguna memerlukan Printer DTG RIECAT. Dimana mesin sablon DTG ini dijual dengan beberapa tipe mulai dari DTG Super, New Era Gen2, dan Seri DX. cetak kaos pakai DTG RIECAT hanya bisa mencetak dengan ukuran A3, A4, A5, dan khusus DTG Gen 2, Seri DX bisa digunakan untuk print di lengan panjang, totebag, topi, dan sepatu.\

sablon kaos trasnfer film custom
perbedaan sablon DTF Dengan DTG
AspekDTG (Direct-to-Garment)DTF (Direct Transfer Film)
Mesin yang DigunakanMenggunakan printer DTG khusus seperti Printer DTG RIECAT, DTG Super, New Era Gen2, Seri DXMenggunakan printer riecat alfa basic EPSON L1800 dan teknik transfer film
Ukuran BahanA3, A4, A5, New Era Gen2 & Seri DX (lengan panjang, totebag, topi, sepatu)A3 atau roll (hemat bahan)
Pelajari lebih lanjut tentang mesin Riecat Gen2 DTG kami disini. dan juga Mesin Printer Riecat Alfa DTF kami sini.

Perbedaan Metode Cetak Kaos Custom

Cetak kaos pakai riecat alfa hampir mirip dengan sablon kaos transfer paper. Desain dicetak pada kertas film berupa lembaran atau roll to roll, dilanjutkan dengan proses menaburi powder lem untuk merekatkan tinta dan dilelehkan menggunakan hotgun/oven serta diakhiri dengan proses press ke permukaan media kaos. Media yang bisa digunakan adalah bahan cotton, polyester, TC, Scuba, dan bahan berserat lainnya.

Sedangkan, sablon kaos pakai DTG RIECAT menggunakan proses treatment di langkah pertama agar desain dapat menempel ke pori-pori kaos secara maksimal. Proses ini dilanjutkan dengan mencetak langsung di atas permukaan kaos, dikeringkan menggunakan hotgun agar tidak terjadi penurunan warna, dan disemprot pakai Epoxy agar tinta semakin kuat serta diakhiri dengan heat press. Metode print kaos DTG sederhana namun media yang bisa dicetak terbatas, hanya cocok untuk media kaos cotton saja. Selain media kaos cotton, hasil akan kurang maksimal (warna tidak pekat atau mudah rontok).

AspekDTG (Direct-to-Garment)DTF (Direct Transfer Film)
Metode CetakTreatment terlebih dahulu, mencetak desain langsung ke permukaan kaos, menggunakan tinta textile germany basic water base Quick DryMencetak desain pada kertas film, menaburi powder lem, memelelehkan powder lem dengan hotgun/oven, menempelkan kertas film ke kaos dengan press
Hasil CetakTekstur halus, mengikuti pori-pori kaos, tahan luntur, tidak mudah pudar, cocok untuk desain detail dan gradasi warnaHasil elastis, tidak mudah retak, tahan cuci, warna cerah dan pekat, cocok untuk desain simple dan warna solid

Perbedaan Desain yang Digunakan

Ternyata tidak semua desain dapat dicetak. Untuk sablon kaos transfer film DTF, pengguna hanya bisa mencetak dengan desain warna solid. Desain perlu dimirror dengan format file .PNG. Sedangkan, untuk print kaos DTG satuan, pengguna bisa banyak ber-eksperimen dengan Cetak kaos pakai DTG RIECAT dengan desain warna solid, tiga dimensi, gradasi, dan lain sebagainya. Desain tidak perlu dimirror, asalkan memiliki resolusi baik, dan user dapat mencetak kaos full color dalam satu perintah.

AspekDTG (Direct-to-Garment)DTF (Direct Transfer Film)
Desain yang DigunakanBebas desain (solid, 3 dimensi, gradasi), resolusi gambar harus baik, full color dalam satu perintah, desain tidak perlu dimirrorWarna solid, format file PNG, desain perlu dimirror, gradasi tidak disarankan, desain kompleks mungkin tidak tercetak dengan baik
Lihat inspirasi desain berkualitas kami disini

Perbedaan Kualitas Hasil Sablon Kaos Custom

Hasil sablon kaos transfer film DTF elastis, tidak mudah retak, ketahanan lebih kuat sekalipun ditarik berkali-kali, tekstur halus saat diraba, kualitas warna cetak kaos pakai riecat alfa cukup pekat, solid/vivid dan tidak mudah luntur sekalipun di uji tes cuci sikat.

Sedangkan, hasil Cetak kaos pakai DTG RIECAT memiliki tekstur yang halus saat diraba, terlihat seperti retak jika diuji ketahanan tarik karena hasil print kaos DTG satuan mengikuti pori-pori kaos. Maka dari itu, gunakan kaos yang memiliki gramasi 30s/40s dimana pori-pori kaosnya lebih kecil. Selain itu, hasil cetal kaos DTG tidak mudah luntur sekalipun dicuci berkali-kali.

kelebihan sablon kaos DTF
perbedaan hasil sablon DTF dengan DTG
AspekDTG (Direct-to-Garment)DTF (Direct Transfer Film)
Kualitas Hasil SablonTekstur halus, mengikuti pori-pori kaos, tahan luntur, tidak mudah pudar, cocok untuk desain detail dan gradasi warnaHasil elastis, tidak mudah retak, tahan cuci, warna cerah dan pekat, tekstur lebih licin dan terasa seperti plastik

Perbedaan Jenis Tinta yang Digunakan

Sablon kaos transfer film DTF menggunakan tinta khusus yaitu Vator Ink DTF dengan basic water base sehingga ramah terhadap head dan mampu menghasilkan kualitas cetak kaos pakai riecat alfa maksimal. Berikut keunggulannya:

  • Memiliki kualitas hasil sablon lebih cerah dari tinta DTF desktop sekelasnya
  • Mampu menghasilkan tekstur dengan warna solid, lebih glossy, licin, terasa lebih banyak kandungan plastiknya
  • Hasil cetak DTF sama dengan kualitas hasil sablon DTG yang pekat/tajam
  • Hasil sablon DTF tidak seperti kertas, tetapi lebih kenyal saat diraba dan tidak mudah retak
  • Hasil sablon DTF tahan terhadap tarikan, elastis, tahan cuci, dan tidak mudah luntur sekalipun diuji cuci dengan cara disikat/dikucek
  • Jenis tinta yang tidak mudah kering, tidak bau, dan ramah terhadap Printhead
  • Tersedia dalam takaran 100ml (CMYKW)
jual tinta dtg murah

Pelajari lebih lanjut tentang tinta Germany kami disini dan juga Tinta Vator DTF kami di sini.

Sedangkan, untuk print kaos DTG satuan menggunakan tinta textile germany basic water base yang mudah kering (Quick Dry) sehingga saat diaplikasikan untuk print kaos DTG, tinta bisa langsung menyerap ke pori-pori kaos. Berikut keunggulan lainnya:

  • Proses pembuatan sudah melalui proses disaring menggunakan microfilter khusus hingga melalui 3x proses untuk hasil maksimal
  • Tersedia 4 macam warna CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black)
  • Tidak mudah mengendap dalam penyimpanan sekalipun disimpan dalam waktu 1 bulan.
  • Dapat digunakan untuk kebutuhan sablon pada semua jenis kain (cotton, kanvas, polyester)
  • Tidak mudah luntur dan teruji dalam 100x pencucian dengan cara disikat/dikucek
  • Ramah lingkungan sehingga cocok sekali digunakan pada head printer DTG, terutama pada Head Tipe Micro Piezzo (jenis head Epson/Brother)
  • Mampu menciptakan hasil sablon DTG cerah, tajam, tidak lengket jika diraba dan halus.

Q&A ( yang biasa ditanyakan )

Apa bedanya DTF dan DTG?

DTF (Direct Transfer Film) menggunakan film transfer untuk mentransfer tinta ke kaos, sedangkan DTG (Direct-to-Garment) mencetak langsung ke permukaan kaos menggunakan printer khusus. DTF lebih fleksibel dalam penggunaan media, sedangkan DTG lebih cocok untuk kaos katun dengan desain detail.

Sablon DTF Apakah tahan lama?

Ya, sablon DTF sangat tahan lama. Hasil sablon elastis, tidak mudah retak, dan tahan terhadap pencucian berulang kali. Ini membuatnya ideal untuk kaos yang sering digunakan dan dicuci.

Lebih bagus DTG apa DTF?

Keduanya memiliki kelebihan masing-masing. DTG lebih baik untuk desain detail dan gradasi warna pada kaos katun, sementara DTF lebih fleksibel untuk berbagai jenis bahan dan menghasilkan warna yang lebih cerah dan pekat.

Apa itu sablon DTG?

Sablon DTG adalah metode cetak langsung ke kaos menggunakan printer khusus. Teknologi ini memungkinkan pencetakan desain yang detail dan berwarna-warni langsung di atas kain kaos.

Apakah sablon DTF itu bagus?

Ya, sablon DTF dikenal bagus karena hasilnya elastis, tahan lama, dan dapat diaplikasikan pada berbagai jenis bahan kain. Hasil cetaknya juga cerah dan pekat, cocok untuk desain dengan warna solid.

Kesimpulan

Rekomendasi Metode Sablon Kaos Sesuai Kebutuhan:

Metode DTG cocok untuk desain yang detail, membutuhkan gradasi warna, dan dicetak pada kaos cotton dengan gramasi 30s/40s. Hasilnya memiliki tekstur halus dan menyatu dengan permukaan kaos, namun harganya relatif lebih mahal.

Metode DTF cocok untuk desain yang simple, membutuhkan warna solid, dan dicetak pada berbagai jenis bahan kaos. Hasilnya elastis, tidak mudah retak, dan memiliki warna yang lebih cerah dan pekat, serta harganya relatif lebih murah.

Saran untuk Pembaca:

Pertimbangkan kebutuhan dan budget Anda sebelum memilih metode Cetak kaos. Lakukan riset lebih lanjut tentang kedua metode ini. Konsultasikan dengan Customer Kami untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat, Anda bisa hubungi Custommer kami dari sini.

BACA JUGA: Launching Mesin Printer DTF Riecat Alfa All New Lite A4

Dengan memahami perbedaan antara sablon kaos transfer film DTF dan print kaos DTG satuan, diharapkan Anda dapat menentukan teknik Cetak kaos yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Untuk informasi lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan kami. Terima kasih!

Related Posts

7 thoughts on “Terbongkar! 5 Rahasia Perbedaan DTG vs DTF Sablon Kaos

  1. Didit says:

    Bos mau tanya untuk sablon DTF, media bahan kaos dari bahan hyget furring kira” bisa gak?

    1. Selamat pagi pak didit, untuk media cetak pada bahan hyget furring bisa di lakukan pak tetapi hasil yang kurang maksimal, warna yang kurang cerah, untuk lebih lanjut bisa mengghubunggi kami di nomer berikut pak 087851691057

  2. salamproject says:

    bg mau tanya kenapa hasil print mesin dtf ngak solid, kayak ada bintik” gitu, itu pengaruh tinta atau settingannya bg ?

  3. Guest POST says:

    Makasih gan INFONYA

  4. @hneybadger.id says:

    min mau nnya, kalo mua buat kaos oversized distro yang biar gambar cetakannya menyerap ke ke kaos itu mending pake DTF apa DTG ya min?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *