LASER CUTTING

Tips Merawat Mesin Laser Cutting Engraving Supaya Awet

cara merawat mesin grafir

Mencari solusi di kondisi New Normal dengan membeli Mesin Laser Cutting Engraving sebagai mesin produksi souvenir acrilik atau plakat merupakan langkah tepat, Pasalnya sekarang sedang waktunya anak-anak sekolah bulan-bulan kelulusan. Produktifitas laser grafir acrilik sangat meningkat, sehingga kita membutuhkan perawatan mesin grafir laser cutting engraving secara intens. Tentunya supaya mesin berjalan dengan baik dan awet.

Berikut Tips Perawatan mesin laser grafir engraving supaya awet:

  • Hindari untuk Pengerjaan Cutting dan Grafir Bahan PVC, karena Pengerjaan Bahan PVC mengeluarkan Asap yang Pekat, dan Asap tersebut mengandung Partikel Partikel yang bersifat Adhesive (Lengket) yang bisa menempel di Fan Belt, Roda Gigi Motor dan Rel tempat Pergerakan Kepala Laser yang bisa mengganggu Kinerja Parts apabila berlangsung secara terus menerus.
  • Hindari untuk Pengerjaan Bahan Sticker, karena Sticker mengandung Lem yang bisa membuat Parts Mesin Laser Cutting Engraving terganggu.
  • Selalu menggunakan Stavolt / UPS selama Pengoperasionalan Mesin, Listrik yang Stabil sangat berpengaruh pada kinerja dan masa umur Mesin Laser Cutting Engraving.
  • Pasang grounding agar kesetabilan listrik dan noise volt bisa di cegah.
  • Berikan Oli Pelumas secara Rutin di Bagian Rel Pergerakan Kepala Mesin Laser Cutting untuk Menjaga Pergerakan supaya tetap Halus
  • Bersihkan secara berkala di Bagian Lensa Mesin Laser Cutting Engraving, yaitu di 2 Lensa Pantul dan 1 Lensa Fokus yang berfungsi untuk Media Pemantulan Sinar Laser dari Tabung Laser menuju Material, supaya Sinar Laser senantiasa Fokus dan Efektif dalam Pengoperasiannya. Pembersihan Lensa Fokus bisa menggunakan Cotton Bud yang dibasahi dengan Alkohol , digosok dengan lembut.
  • Bersihkan area Meja Mesin Laser Cutting Engraving secara Rutin, bisa menggunakan Blower atau Vacuum atau Kuas Sapu. Kebersihan mesin selain membuat Area Kerja menjadi Bersih dan Nyaman , juga membantu menjaga sisa kotoran menempel di Part Mesin Laser Cutting Engraving.
  • Menggunakan Cairan Coolant Radiator untuk Chiller Pendingin Mesin, dan dicek secara berkala tiap 3-6 bulan, apabila Cairan sudah berkurang dalam batas minimal, segera ditambah atau kalau sudah sekitar 1-2 tahun bisa diganti Cairan nya dengan Cairan Baru.
  • Hindari ruangan yang terlalu lembab agar seperangakat electronika tidak mudah cepat rusak.
  • Memebersihkan kipas exhause secara berkala agar sistem sedot asap dan kotoran bekerja secara maksimal.

Itulas sedikit tips cara merawat mesin laser grafir engraving supaya awet dan berfungsi normal dalam jangka panjang. Semoga bermanfaat…..

Untuk info produk mesin grafir, baik mesin grafir mini, mesin grafir metal, mesin grafir non metal dalam ukuran yang lebih besar teman-teman bisa mengunjungi tipe mesin laser grafir di bengkel print

Jangan lupa baca artikel di bengkel print tentang mesin grafir laser berikut ini: Distributor Mesin Laser Grafir Engrafing

One thought on “Tips Merawat Mesin Laser Cutting Engraving Supaya Awet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *