SPAREPART

Solusi Printhead L1800 Rusak, Ganti dengan L805 Lebih Murah

cara mengganti printhead L1800 yang rusak dengan mengganti dengan printhead L805 epson

BP Fams yang menggunakan printer RIECAT Alfa Gen 1 atau Gen 3 yang mengalami kerusakan atau buntu pada printhead L1800 jangan pusing dulu nih kami ada solusi printhead L1800 rusak bisa benar kembali. Pasalnya BP Fams bisa mendapatkan solusi yang cukup murah namun tetap memiliki hasil yang maksimal dihasil printnya. Bagaimana Solusi Printhead L1800 Rusak? Simak artikel berikut ini!

Dalam artikel kali ini Bengkel Print akan membahas solusi murah dan mudah jika printhead pada Alfa Gen 1 atau Gen 3 bermasalah seperti printhead buntu, tidak berfungsi atau konslet.

Baca Juga: 9 Keuntungan Memiliki Mesin Printer RIECAT

Penyebab Rusaknya Printhead

  • Lalai dalam Maintenance
    Printer yang tidak dilakukan maintenance akan lebih cepat rusak. Selain itu menyimpan printer di tempat kotor dan penuh debu dapat menyebabnya umur printhead berkurang. Dalam sebuah mesin dtf khususnya printer Riecat/ epson L1800 maupun L805 butuh perawatan rutin, baik harian, mingguan, bulanan maupun mau ditinggal libur panjang.
  • Suhu ruangan yang panas
    Printhead bisa saja rusak, lantaran terkena suhu ruangan yang panas. Suhu ruangan yang dianjurkan ialah 24-26 derajat celcius. Sangat disarankan menggunakan AC / air cooler / diletakkan di ruangan yang lembab dan sejuk.
    jika tidak memungkinkan dipasang Ac, bpfams pastikan mesin mendapat sirkulasi udara dengan baik dengan tidak menempatkan langsung dengan sidar matahari.
  • Terlalu banyak mencetak tanpa jeda
    mencetak bahan dalam waktu banyak pada satu waktu dapat menyebabkan printhead overheat. Misalnya mencetak ratusan bahan/ bahan meteran tanpa ada jeda atau selang waktu dalam proses cetak tersebut.
    Selain itu penggunaan printer yang terlalu sering/banyak juga mempercepat kondisi printhead menjadi aus.

  • Printer ‘jarang’ dipakai
    Printer yang sudah pernah dipakai yang kemudian tidak dipakai dalam waktu yang lama (lebih dari 1-2 bulan) dapat menyebabkan printhead buntu/clogging karena kotoran atau debu yang menempel pada lubang nozzle.
  • Kehabisan tinta
    Kerap kali kita mengabaikan kondisi sisa tinta. Dengan kata lain kita masih terus menerus padahal kapasitas tinta tinggal sedikit. Prinsip tinta mirip seperti pelumas. Jika kering dapat menyebabkan printhead rusak/konslet.
  • Sering ganti tinta
    Sering mengganti tinta mengakibatnya cepat kotornya filter dalam dumper dan tiang nozle. Karena unsur kimia dalam sebuah tinta yang tercampur bisa mengakibatkan penggumpalan dan menghabat kelancaran proses print.

Baca Juga: 4 Perbedaan PET Film DTF dan Kualitasnya

Upgrade Dengan Menggunakan Printhead L805

Printhead Epson L805 bisa jadi solusi bagi BP Fams yang mengalami kerusakan, bocor atau kebuntuan pada printhead L1800.

Hal ini dikarenakan printhead Epson L850 lebih murah dan mudah dijumpai di pasaran. Upgrade head L1800 Ke L805 supaya lebih ringan dalam biaya pergantian head.

Biaya Ganti Printhead L1800 dan L805

Jika BP Fams yang menggunakan mesin DTF Riecat Alfa Gen 1/Gen 3 mengalami kerusakan printhead L1800 dan akan mengganti ke L1800 (sama) estimasi biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 5 jutaan .

Sedangkan, jika akan mengganti dari printhead L1800 ke L805 estimasi biaya yang dikeluarkan lebih ringan , di mana harga head L805 Rp 2 jutaan dan perlu tambahan coverter ( RIECAT KIT ) dengan harga Rp 600 ribuan . Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu ya.

Riecat Kit converter L1800

Hasil print menggunakan Alfa Gen 1 yang sudah diganti dengan Printhead L805

Untuk settingannya, masih menggunakan Stylus L1800 dan resolusi 1440×720 DPI. Pada settingan bagian Color menggunakan warna 50% dan putih 100%.

Pada ICC profile (vator ink) menggunakan V21Vator STN 720C50W 100N. Untuk settingan putihnya menggunakan 100% white under any colored pixel.

Untuk hasilnya sendiri masih terbilang sama dengan printhead L1800 dengan warna khas yang tajam dan terang.

KELEBIHAN MENGGUNAKAN RIECAT KIT CONVERTER L1800
Ini hal yang paling penting ketika BP Fams ingin convert print head dari L1800 ke print head L800/ L805 adalah dari segi kemudahan, apa itu?
1. Tidak perlu mengganti kabel flexible kesuluruhan
2. tidak perlu menurunkan gear pada mekanik mesin. ini sangat merepotkan dan sangat teknical
dan dengan menggunalkan produk solution dari Bengkel Print, BP Fams bisa memasang sendiri dirumah.

Untuk lebih detailnya BP Fams bisa simak video ini:

2 thoughts on “Solusi Printhead L1800 Rusak, Ganti dengan L805 Lebih Murah

  1. Lintar says:

    saya Punya L1800 rusak di Head kak, apa adanya tidak di modif sedikitpun, slama ini hanya digunakan untuk cetak Photo saja di Silky Photo Paper dan 100% menggunakan tinta Original epson 673, kalo printer langung saya bawa ke sana, lalu pake Printhead L805+ biaya pemasangan berapa jadinya?
    apakah jika menggunakan Printhead L805 berpengaruh terhadap hasil kak?

    1. adminbp says:

      Bisa Langsung Hubungi Kami via WhatsApp Kak 😊, di +62 813-5980-9494 🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *